Monday, August 16, 2010

Singa Kawin dengan Macan, Hasilnya "Sican"


Singa Kawin dengan Macan, Hasilnya "Sican"
Bukannya senang, pemilik tiga ekor Sican ini resah karena didenda sekitar Rp14 Juta

Bagi orang-orang berbahasa Inggris, hewan buas blasteran berikut ini disebut "Liger," perpaduan dari Lion (singa) dan Tiger (macan). Kalau di Indonesia mungkin bisa disingkat "Sican" (Singa macan).

Ini bisa dikatakan hewan "jadi-jadian," hasil kawin silang antara harimau dengan singa. Anak yang mereka hasilkan pun blasteran, seperti yang terjadi di suatu penangkaran di Taiwan.

Pemilik penangkaran mengungkapkan kelahiran tiga ekor Sican, Minggu 15 Agustus 2010. Ini merupakan hasil dari perkawinan seekor singa jantan dengan macan (harimau) betina.

"Singa dan harimau itu sudah ditempatkan di kandang yang sama sejak mereka masih kecil sekitar lebih dari enam tahun yang lalu," kata si pemilik, Huang Kuo-nan, seperti dikutip laman media Australia, news.com.

Huang mengaku tidak siap dengan kelahiran tiga ekor Sican itu. Akibatnya, seekor anak Sican pun langsung mati tak lama setelah lahir.

Namun, pihak berwenang di Provinsi Tainan sudah siap mengganjar hukuman denda bagi Huang, yaitu sebesar 50.000 dolar Taiwan (sekitar Rp14 juta). Pasalnya, Huang melanggar hukum dengan tidak memberi tahu mereka sebelumnya perihal keberadaan singa dan macan itu.

Menurut laman harian Taiwan, Apple, hanya ada sekitar 10 ekor Sican di penjuru dunia. Sican jantan bisa tumbuh lebih besar dari singa-singa pada umumnya. (hs)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails